Kamis, 21 Maret 2013

BAB I

Konsepsi Dasar Kewirausahaan 

          Tidak ada keberhasilan tanpa kerja keras. Apapun jenis pekerjaan dan usaha kita, tanpa kerja keras tidak akan membuahkan hasil. Jika anda ingin menjadi pengusaha (wirausahawan) sukses, maka usaha atau bisnis apa pun akan dapat dilakukan dengan mudah apabila terlebih dahulu dibekali atau memiliki landasan yang kuat berupa pengalaman, pola pikir , kemampuan dan cara mengelola suatu usaha yang baik, serta motivasi yang kuat untuk menjadi pengusaha. Semakin sering berlatih atau mencoba melakukan sesuatu, maka semakin besar peluang untuk meraih keberhasilan. 
          Menjadi wirausahawan sekarang ini, tidak hanya sekedar dapat memulai dan mendirikan suatu usaha begitu saja, melainkan dituntut mampu mengarahkan usahanya pada keadaan yang terus menguntungkan dan memperoleh keunggulan bersaing yang berkelanjutan atau terus-menerus dibandingkan para pemainnya. 
       Apakah anda mengerti apa itu wirausahawan? Wirausahawan adalah seseorang yang menciptakan sebuah usaha atau bisnis yang dihadapkan dengan risiko dan ketidakpastian untuk memperoleh keuntungan dan mengembangkan bisnis dengan cara mengenali kesempatan dan memanfaatkan sumber daya yang diperlukan. 
     Apa keuntungan menjadi wirausahawan? Keuntungan menjadi wirausahawan adalah mempunyai kemampuan dalam mengatur waktu sehingga tidak bergantung pada ketentuan jam kerja kantor, dapat mengatur kondisi usaha sendiri.
         Kenyataan menunjukan bahwa kita bekerja keras maka kita akan mendapatkan lebih banyak uang dan tentunya akan merasa lebih bahagia karena mampu memenuhi sebagian besar kebutuhan hidupnya, dibandingkan orang yang idak mempunyai uang. Beberapa peluang sebagai keuntungan yang memberikan dorongan kuat seseorang untuk berwirausaha adalah sebagai berikut : 

  1. Mempunyai kebebasan mencapai tujuan yang dikehendaki
  2. Mempunyai kesempatan untuk menunjukkan kemampuan dan potensi diri secara penuh
  3. Memperoleh manfaat dan laba yang maksimal
  4. Terbuka kesempatan untuk melakukan perubahan
  5. terbuka peluang untuk membantu masyarakat dalam menciptakan kesempatan kerja
  6. Terbuka peluang untuk berperan dalam masyarakat dan mendapatkan pengakuan atas usaha kerja 
         Wirausahawan yang sukses haruslah orang yang mampu melihat kedepan. Sikap wirausaha yang dapat dilihat dari kegiatan sehari-hari adalah : disiplin, komitmen tinggi, jujur, kreatif dan inofatif, mandiri, dan realistis.


0 komentar:

Posting Komentar